Senin, 03 Desember 2012

Perkembangan Animasi

Animasi mengacu pada rekaman gambar apapun yang mengalami perubahan dari waktu ke waktu untuk menggambarkan ilusi gerak. Sebelum penemuan dari film ini , penggambaran tokoh dalam gerakan melalui seni statis ada sejauh Paleolitik. Pada abad ke-19 ada beberapa perangkat yang berhasil ditampilkan gambar animasi…
Awal Pendekatan Animasi dalam Dunia Seni
Bukti kepentingan artistik dalam menggambarkan tokoh-tokoh dalam gerakan dapat dilihat sebagai awal Paleolitik lukisan gua . Hewan dalam lukisan yang sering digambarkan dengan beberapa set kaki dalam posisi dilapiskan. Karena lukisan prasejarah mereka bisa menjelaskan beberapa cara, seperti artis hanya mengubah pikiran mereka tentang posisi kaki dengan tidak berarti menghapus, tapi itu sangat mungkin bahwa mereka adalah upaya awal untuk menyampaikan gerak.
Contoh lain termasuk mangkuk tanah 5.200 tahun ditemukan di Iran di Shahr-e Sukhteh . Mangkuk memiliki lima gambar dicat sepanjang sisi, menunjukkan fase kambing melompat menggigit di pohon.
Sebuah Mesir mural , ditemukan dalam makam Khnumhotep dan Niankhkhnum , di Beni Hassan pemakaman termasuk urutan gambar dalam suksesi temporal. Lukisan-lukisan adalah sekitar 4000 tahun dan menunjukkan adegan tentara muda yang terlatih dalam gulat dan memerangi.
Tujuh gambar oleh Leonardo da Vinci (c. 1510) memperluas lebih dari dua folio di Koleksi Windsor, Studi Anatomi dari Otot dari Leher, Bahu, Dada, dan Lengan, menunjukkan gambar rinci dari tubuh bagian atas dengan citra yang kurang rinci-wajah . Urutan menunjukkan sudut beberapa gambar seperti berputar dan lengan meluas. Karena gambar hanya menampilkan perubahan kecil dari satu gambar ke depan, gambar-gambar menyiratkan gerak dalam angka tunggal.
Meskipun beberapa contoh-contoh awal mungkin tampak mirip dengan serial animasi gambar, kurangnya peralatan untuk menunjukkan kepada mereka dalam gerakan menyebabkan mereka gagal menjadi animasi yang benar. Proses menggambarkan berlalunya waktu dengan meletakkan gambar dalam serangkaian kronologis merupakan salah satu langkah yang paling penting dalam menciptakan animasi sehingga contoh bersejarah praktek ini pasti terkenal.
Animasi sebelum Film
Banyak perangkat yang berhasil ditampilkan gambar animasi diperkenalkan jauh sebelum munculnya film. Perangkat ini digunakan untuk menghibur, memukau dan kadang-kadang bahkan menakut-nakuti orang. Sebagian besar perangkat ini tidak memproyeksikan gambar mereka dan sesuai hanya bisa dilihat oleh satu orang pada satu waktu. Untuk alasan ini mereka dianggap mainan daripada menjadi skala besar industri hiburan seperti animasi nanti. Berikut beberapa contohnya :
The Magic Latern (c. 1650)
The Magic Latern adalah sebuah awal dari pendahulu proyektor modern. Ini terdiri dari lukisan minyak tembus, lensa sederhana dan lilin atau lampu minyak. Dalam sebuah ruangan gelap, gambar akan muncul diproyeksikan ke permukaan datar yang berdekatan. Itu sering digunakan untuk memproyeksikan setan, gambar menakutkan untuk meyakinkan orang-orang bahwa mereka menyaksikan supranatural. Beberapa slide untuk lentera terkandung bagian yang bergerak yang membuat lentera ajaib contoh awal dikenal animasi diproyeksikan. Asal usul lentera sihir diperdebatkan, namun pada abad ke-15 Venesia penemu Giovanni Fontana menerbitkan sebuah ilustrasi dari sebuah perangkat yang memproyeksikan citra setan dalam bukunya Liber Instrumentorum. Yang paling awal dikenal lentera sihir yang sebenarnya biasanya dikreditkan ke Christiaan Huygens atau Athanasius Kircher .
Thaumatrope (1824)
Sebuah thaumatrope adalah mainan sederhana yang digunakan dalam era Victoria . Thaumatrope adalah lingkaran disk kecil atau kartu dengan dua gambar yang berbeda di setiap sisi yang melekat pada seutas tali atau sepasang string berjalan melalui pusat. Ketika string berputar cepat di antara jari-jari, dua gambar muncul untuk menggabungkan ke dalam satu gambar. Thaumatrope ini menunjukkan fenomena Phi, kemampuan otak untuk terus-menerus melihat gambar. Penemuan Its sering dikreditkan ke Sir John Herschel . John A. Paris dipopulerkan penemuan ketika ia digunakan seseorang untuk menggambarkan fenomena Phi pada tahun 1824 ke Royal College of Physicians .
Phenakistoscope (1831)
Phenakistoscope adalah perangkat awal animasi. Ini diciptakan pada tahun 1831 bersamaan dengan Belgia Plateau Yusuf dan Simon Austria von Stampfer . Ini terdiri dari sebuah disk dengan serangkaian gambar, digambar di jari-jari merata spasi sekitar pusat disk. Slot dipotong dari disk pada jari-jari yang sama dengan gambar, namun pada jarak yang berbeda dari pusat. Perangkat akan ditempatkan di depan cermin dan berputar. Sebagai phenakistoscope yang berputar, pemirsa akan terlihat melalui slot pada refleksi dari gambar yang hanya akan menjadi terlihat saat slot melewati mata pemirsa. Hal ini menciptakan ilusi animasi.
Zoetrope (180 AD; 1834)
Zoetrope diproduksi pada tahun 1834 oleh William George Horner dan beroperasi pada prinsip yang sama seperti phenakistoscope tersebut. Itu adalah perangkat berputar silinder dengan beberapa frame animasi dicetak sepanjang lingkar interior. Ada celah vertikal di sekitar sisi di mana pengamat dapat melihat gambar bergerak di sisi yang berlawanan ketika berputar silinder. Seperti berputar materi antara bergerak celah melihat ke arah berlawanan dari gambar di sisi lain dan dengan berbuat demikian berfungsi sebagai shutter dasar. Zoetrope memiliki beberapa keunggulan dibandingkan phenakistoscope tersebut. Ini tidak memerlukan penggunaan cermin untuk melihat ilusi, dan karena bentuk silinder yang bisa dilihat oleh beberapa orang sekaligus.
Di Cina sekitar 180 AD penemu produktif [Ting Huan] menciptakan sebuah perangkat yang mirip dengan zoetrope modern. Itu terbuat dari kertas tembus atau panel mika dan dioperasikan oleh digantung di lampu sehingga baling-baling di atas akan memutar ketika mereka datang di kontak dengan arus udara hangat naik dari lampu. Rotasi ini, jika mencapai kecepatan ideal memicu ilusi yang sama animasi cepat sebagai zoetrope lebih modern.
Flip Book (1868)
Flip book pertama di dunia telah dipatenkan pada tahun 1868 oleh John Barnes Linnett sebagai kineograph tersebut. Sebuah buku flip hanya sebuah buku dengan halaman sangat kenyal yang memiliki serial animasi gambar dicetak di dekat tepi terikat. Bends penampil Sebuah halaman belakang dan kemudian dengan cepat melepaskan mereka satu per satu sehingga setiap gambar dilihat dari pandangan mata untuk sejenak mengungkapkan gambar berikutnya sesaat sebelum melakukan hal yang sama. Mereka beroperasi pada prinsip yang sama seperti phenakistoscope dan zoetrope apa dengan penggantian cepat gambar dengan orang lain, tetapi mereka menciptakan ilusi tanpa hal melayani sebagai shutter berkedip-kedip sebagai celah yang ada dalam perangkat sebelumnya. Mereka melakukannya karena fakta sederhana bahwa fisiologis mata bisa fokus pada objek lebih mudah dari pada diam yang bergerak. Buku sandal yang lebih sering dikutip sebagai inspirasi oleh pembuat film animasi awal dari perangkat dibahas sebelumnya yang tidak mencapai cukup luas penonton. Dalam perangkat animasi sebelumnya gambar yang diambil dalam lingkaran yang berarti diameter lingkaran fisik terbatas betapa banyak gambar cukup bisa ditampilkan. Sementara format buku masih membawa tentang sesuatu dari batas fisik dengan panjang animasi, batas ini jauh lebih lama dibandingkan perangkat bulat. Bahkan batas ini bisa dipatahkan dengan penemuan mutoscope pada 1894. Ini terdiri dari buku flip panjang sirkuler terikat dalam sebuah kotak dengan pegangan engkol untuk membolak-balik halaman.
Praxinoscpoe (1877)
Praxinoscope , ditemukan oleh ilmuwan Perancis Charles-Émile Reynaud , dikombinasikan dengan desain silinder zoetrope dengan cermin tampilan phenakistoscope tersebut. Cermin yang dipasang masih di tengah ring spinning slot dan gambar sehingga gambar dapat lebih jelas terlihat tidak peduli apa radius perangkat. Reynaud juga mengembangkan versi yang lebih besar dari praxinoscope yang dapat diproyeksikan ke layar, disebut Optique Théâtre
Animasi Tradisional
The Silent Era
Charles-Émile Reynaud Optique Théâtre adalah contoh awal dikenal animasi diproyeksikan. Ini mendahului bahkan perangkat video fotografi seperti Thomas Edison 's 1.883 penemuan, Kinetoscope , dan saudara-saudara Lumière '1.884 penemuan, sinematografi . Reynaud dipamerkan tiga animasi nya pada tanggal 28 Oktober 1892 di Musée Grévin di Paris, Perancis. Contoh hidup hanya dari ketiga adalah Pauvre Pierrot yang 500 frame yang panjang.
Setelah sinematografi yang mempopulerkan film, kemungkinan tak berujung animasi mulai dieksplorasi secara mendalam jauh lebih besar. Sebuah animasi stop-motion pendek diproduksi pada 1899 oleh Albert E. Smith dan J. Stuart Blackton disebut The Humpty Dumpty Circus. gerak Berhenti adalah teknik video di mana benda nyata yang bergerak di sekitar di waktu antara gambar mereka sedang direkam sehingga ketika gambar yang dilihat sebagai video, mereka tampak bergerak oleh beberapa terlihat gaya. Ini langsung turun dari berbagai awal film "trik" teknik yang digunakan video untuk realistis menampilkan mustahil. Sebuah film lain yang menampilkan teknik stop motion yang dirilis sesudahnya, tetapi yang pertama untuk menerima penghargaan skala luas adalah Haunted Mansion Blackton ini yang bingung pemirsa dan mengilhami banyak pengembangan lebih lanjut dalam animasi.Pada tahun 1906 Blackton juga membuat karya digambar terlebih dulu animasi pada fase film standar, Humoris Funny Faces of. Ini fitur wajah yang digambar di papan tulis yang tiba-tiba mulai bergerak mandiri.
Fantasmagorie , oleh sutradara Perancis Émile Cohl (juga disebut Émile Courtet), juga perlu diperhatikan. Itu diputar untuk pertama kalinya pada 17 Agustus 1908 di Théâtre du Gymnase di Paris. Cohl kemudian pergi ke Fort Lee, New Jersey dekat New York City pada tahun 1912, di mana ia bekerja untuk Eclair studio Perancis dan menyebarkan teknik animasi ke AS.
Dipengaruhi oleh Cohl, penulis pertama wayang film animasi (yaitu The Lukanida Indah (1912)), kelahiran Rusia (etnis Polandia ) Direktur Wladyslaw Starewicz, yang dikenal sebagai Ladislas Starevich , mulai membuat film-film berhenti menggunakan mati serangga dengan kawat tungkai. Pada tahun 1911 ia menciptakan Revenge Cameraman ini , sebuah kisah kompleks pengkhianatan , bunuh diri dan kekerasan antara serangga yang berbeda. Ini adalah karya pelopor animasi wayang , dan film animasi tertua kompleksitas dramatis seperti itu, dengan karakter yang penuh dengan motivasi, keinginan dan perasaan. Pada tahun 1914, Amerika kartunis Winsor McCay dirilis Gertie the Dinosaur , sebuah contoh awal dari pengembangan karakter dalam animasi ditarik. Film ini dibuat untuk tindakan vaudeville McCay dan karena bermain McCay akan berbicara dengan Gertie yang akan merespon dengan serangkaian gerakan. Ada adegan di akhir film di mana McCay berjalan di belakang layar proyeksi dan video dirinya muncul di layar menunjukkan dia mendapatkan pada kartun kembali dan naik keluar dari frame. Adegan ini membuat Gertie the Dinosaur film pertama untuk menggabungkan cuplikan live action dengan animasi digambar tangan. Tangan McCay menarik hampir setiap satu dari 10.000 gambar yang digunakan untuk film.
Juga pada tahun 1914, John Bray dibuka John Bray Studios yang merevolusi cara animasi diciptakan. Earl Hurd , salah satu karyawan Bray yang mematenkan teknik cel . Ini menjiwai melibatkan benda bergerak pada lembaran seluloid transparan yang kemudian ditempatkan di atas gambar latar belakang stasioner dan kemudian difoto untuk menghasilkan urutan gambar. Ini serta penggunaan inovatif Bray tentang metode jalur perakitan diperbolehkan John Bray Studios untuk membuat Kolonel Liar Heeza , seri animasi pertama. Pada tahun 1915 Max dan Dave Fleischer menemukan rotoscoping , proses menggunakan film sebagai titik referensi untuk animasi dan studio mereka pergi untuk kemudian melepaskan animasi klasik seperti Ko-Ko The Clown , Betty Boop , Popeye Sailor Man , dan Superman . Pada tahun 1918 McCay merilis The Sinking dari Lusitania, sebuah film propaganda perang. McCay lakukan menggunakan beberapa teknik animasi baru seperti cels atas lukisan, tapi karena dia melakukan semua animasi nya sendiri, proyek ini tidak benar-benar dirilis sampai hanya tak lama sebelum akhir perang. Pada titik ini studio skala besar animasi yang menjadi norma industri dan artis seperti McCay memudar dari mata publik.
Yang pertama animasi film adalah El Apóstol , dibuat pada tahun 1917 oleh Quirino Cristiani dari Argentina . Ia juga menyutradarai dua film animasi lainnya, termasuk 1931 s Peludopolis , panjang fitur animasi pertama yang menggunakan suara disinkronisasi. Tak satu pun dari ini, bagaimanapun, bertahan hidup sampai sekarang. Pada tahun 1920, Otto Mesmer dari Pat Sullivan Studios menciptakan Cat Felix the . Pat Sullivan , kepala studio mengambil semua kredit untuk Felix, sebuah praktek yang sangat umum di hari-hari awal animasi studio. Felix the Cat yang didistribusikan oleh Paramount Studios dan menarik penonton yang sangat besar. Felix adalah kartun pertama yang dagangan, dan ia segera menjadi nama rumah tangga. 
Di Jerman , selama tahun 1920-an animasi abstrak diciptakan oleh Walter Ruttman, Hans Richter , dan Oskar Fischinger , bagaimanapun, Nazi sensor terhadap apa yang disebut " degenerate art "mencegah animasi abstrak dari berkembang setelah tahun 1933.
The film animasi awal-hidup adalah tahun 1926-siluet animasi Adventures of Pangeran Achmed yang digunakan warna-tinted Film . Film ini disutradarai oleh Jerman Lotte Reiniger dan Perancis / Hungaria Berthold Bartosch .
The Golden Age of Animation
Pada tahun 1923 sebuah studio bernama Laugh-O-Grams bangkrut dan pemiliknya Walt Disney membuka studio baru di Los Angeles. Proyek pertama Disney adalah Alice Comedies Seri yang menampilkan seorang gadis live action yang berinteraksi dengan berbagai karakter kartun. Beberapa animasi pertama film suara dengan suara rekaman disinkronkan dengan animasi adalah Lagu Mobil-Tunes film (1924-1927) dan Waktu Makan malam (1928). Suara awal Lagu Mobil-Tunes film adalah Oh Mabel (Mei 1924) dan Ibu, Ibu, Pin seorang Ibu Rose pada-Ku dan Selamat Tinggal Lady My Love (baik dari Juni 1924). Terobosan pertama terkenal Disney adalah 1.928 s Steamboat Willie , ketiga dari Mickey Mouse seri, yang merupakan kartun pertama untuk menyertakan soundtrack penuh pasca-diproduksi, menampilkan efek suara dan suara dicetak pada film itu sendiri (" suara-on-film ") . Film pendek menunjukkan antropomorfik tikus bernama Mickey mengabaikan karyanya pada steamboat untuk bukan membuat musik menggunakan hewan naik perahu.
Pada tahun 1930 Warner Brothers Kartun didirikan. Sementara studio Disney dikenal untuk rilis yang sedang ketat dikontrol oleh Walt Disney sendiri, Warner bersaudara diperbolehkan kebebasan animator yang signifikan lebih, yang memungkinkan untuk animator mereka untuk mengembangkan gaya pribadi lebih dikenali. Yang pertama fitur animasi film suara adalah Peludópolis yang perdana pada tanggal 16 September 1931. The animasi pertama yang menggunakan, penuh tiga-warna Technicolor metode adalah " Bunga dan Pohon "yang dibuat pada tahun 1932 oleh Disney Studios yang memenangkan Academy Award untuk pekerjaan. animasi Warna segera menjadi standar industri dan pada tahun 1934 Warner saudara merilis "Hotel Honeymoon" dari Melodies Selamat seri, film berwarna pertama mereka. Pada tahun 1935 Tex Avery merilis film pertamanya dengan Warner Brothers. Gaya Avery adalah terutama cepat mondar-mandir, kekerasan, dan satir, dengan sensibilitas slapstick, dan dia memperkenalkan Looney Tunes karakter yang masih sangat populer sampai hari ini. Sifat mendebarkan produksi Avery menarik khalayak yang lebih luas daripada Disney yang dipasarkan secara langsung terhadap anak-anak .
Walt Disney Putri Salju dan Tujuh Kurcaci , dirilis pada tahun 1937, sering dianggap sebagai film animasi pertama tapi setidaknya delapan yang sebelumnya dirilis. Namun, Snow White adalah yang pertama untuk menjadi sukses dan terkenal dalam dunia berbahasa Inggris dan pertama yang menggunakan animasi cel Technicolor. Setelah Putri Salju rilis Disney mulai fokus banyak kekuatan produktif pada film panjang fitur. Meskipun Disney memang terus memproduksi celana pendek sepanjang abad, Warner Brothers terus fokus pada celana pendek.
The buatan Jepang fitur panjang anime Film adalah propaganda Film Laskar Ilahi Momotaro Sea (桃太郎海の神兵) oleh sutradara Jepang Mitsuyo Seo . Film, yang ditunjukkan pada tahun 1945, diperintahkan untuk dilakukan untuk mendukung perang oleh Departemen Angkatan Laut Jepang . Lagu film AIUEO no Uta (アイウエオ ) kemudian digunakan dalam Osamu Tezuka anime seri Kimba the White Lion. Awalnya diperkirakan telah dihancurkan selama pendudukan Amerika, salinan negatif selamat dan film sekarang tersedia di Jepang pada VHS.
Era Televisi
Televisi berwarna diperkenalkan ke pasar AS pada tahun 1951. Pada tahun 1958 Hanna-Barbera merilis Huckleberry Hound , setengah jam pertama program televisi yang memiliki fitur animasi saja. Terrytoons dirilis Tom Terrific tahun yang sama. Pada tahun 1960 Hanna - Barbera merilis acara televisi animasi monumental, The Flintstones , yang merupakan serial animasi pertama di televisi prime time. Televisi menurun secara signifikan perhatian publik dengan celana pendek animasi yang ditampilkan teater. Warner bersaudara membenci televisi selama ini dan sesuai, mereka menghindari menempatkan kartun di televisi mereka sampai pertengahan 1970-an.
Yang pertama individual digambar tangan fitur animasi adalah The Tune (1992) oleh American animator independen Bill Plympton . Sebelum distribusi terbatas Tune ini dinominasikan untuk tahun 1992 Sundance Film Festival Grand Jury Prize yang dramatis dan pada tahun 1993 dinominasikan untuk Independent Spirit Award untuk Best Original Score oleh Maureen McElheron. Sampai saat ini, hanya animator ini film meletakkan klaim untuk memiliki individual digambar tangan film panjang, dan telah pergi untuk menghasilkan empat lebih: Saya Menikah A Orang Aneh (1997), Aliens Mutant (2001), rambut Tinggi (2004), dan Idiots and Angels (2008).

Teknik Animasi

Pendekatan terhitung untuk menciptakan animasi telah muncul selama bertahun-tahun. Berikut adalah penjelasan singkat dari beberapa teknik tradisional non umumnya dimasukkan.
Stop Motion
Proses ini digunakan untuk produksi banyak, misalnya, jenis yang paling umum dari boneka tanah liat wayang, seperti yang digunakan dalam The Kismis California dan Wallace dan Gromit , dan angka-angka yang terbuat dari karet berbagai kain dan resin plastik, seperti The Nightmare Before Christmas dan James dan Persik Raksasa . Kadang-kadang bahkan benda-benda yang digunakan, seperti dengan film Jan Švankmajer .
Animasi stop motion ini juga biasa digunakan untuk pekerjaan efek khusus dalam banyak live-action film, seperti versi 1.933 dari King Kong dan The Voyage of Sinbad 7 .
CGI Animation
Computer-generated imagery (CGI) merevolusi animasi. Film fitur pertama sepenuhnya animasi komputer adalah Pixar 's Toy Story (1995).  Proses animasi CGI masih sangat membosankan dan serupa bahwa akal untuk animasi tradisional, dan masih banyak menganut prinsip yang sama .
Perbedaan utama animasi CGI dibandingkan dengan animasi tradisional adalah gambar yang digantikan oleh pemodelan 3D, hampir seperti versi virtual dari stop-motion, meskipun bentuk animasi yang menggabungkan dua dunia dapat dianggap animasi komputer dibantu tetapi pada 2D komputer gambar (yang dapat dianggap dekat dengan gambar tradisional dan kadang-kadang berbasis di atasnya).
Kebanyakan film dibuat CGI didasarkan pada karakter hewan, monster, mesin atau kartun-seperti manusia. Studio animasi sekarang berusaha untuk mengembangkan cara-cara untuk menciptakan realistis tampak manusia. Film yang telah mencoba ini termasuk Final Fantasy: The Spirits Within pada tahun 2001, Final Fantasy: Advent Children pada tahun 2005, The Polar Express pada tahun 2004, Beowulf pada tahun 2007 dan Resident Evil: Degeneration tahun 2009. Namun, karena kompleksitas dari fungsi tubuh manusia, emosi dan interaksi, metode animasi jarang digunakan. Karakter yang lebih realistis CG menjadi, semakin sulit adalah untuk menciptakan nuansa dan rincian dari orang yang masih hidup, dan semakin besar kemungkinan karakter jatuh ke dalam lembah luar biasa . Penciptaan rambut dan pakaian yang bergerak meyakinkan dengan karakter manusia animasi adalah bidang lain dari kesulitan. The Incredibles dan Up keduanya memiliki manusia sebagai protagonis, sementara film-film seperti Avatar menggabungkan animasi dengan live action untuk menciptakan makhluk humanoid. 

Reference :

en.wikipedia.org/wiki/Animation
id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_Film
E-Book New_Media_Critical_Introduction
E-Book The Language of the New Media 
 
sumber:http://ryandhikapunya.blogspot.com/2012/12/perkembangan-animasi-sebelum-perfilman.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar