Awal Pendekatan Animasi dalam Dunia Seni
Bukti kepentingan
artistik dalam menggambarkan tokoh-tokoh dalam gerakan dapat dilihat sebagai
awal Paleolitik lukisan gua . Hewan dalam lukisan yang sering
digambarkan dengan beberapa set kaki dalam posisi dilapiskan. Karena lukisan
prasejarah mereka bisa menjelaskan beberapa cara, seperti artis hanya mengubah
pikiran mereka tentang posisi kaki dengan tidak berarti menghapus, tapi itu
sangat mungkin bahwa mereka adalah upaya awal untuk menyampaikan gerak.
Contoh lain
termasuk mangkuk tanah 5.200 tahun ditemukan di Iran di Shahr-e Sukhteh . Mangkuk memiliki lima gambar
dicat sepanjang sisi, menunjukkan fase kambing melompat menggigit di pohon.
Sebuah Mesir mural , ditemukan dalam makam Khnumhotep dan Niankhkhnum , di Beni Hassan pemakaman termasuk urutan gambar dalam
suksesi temporal. Lukisan-lukisan adalah sekitar 4000 tahun dan menunjukkan
adegan tentara muda yang terlatih dalam gulat dan memerangi.
Tujuh gambar oleh Leonardo da Vinci (c. 1510) memperluas lebih dari
dua folio di Koleksi Windsor, Studi Anatomi dari Otot dari Leher, Bahu,
Dada, dan Lengan, menunjukkan gambar
rinci dari tubuh bagian atas dengan citra yang kurang rinci-wajah . Urutan
menunjukkan sudut beberapa gambar seperti berputar dan lengan meluas. Karena
gambar hanya menampilkan perubahan kecil dari satu gambar ke depan,
gambar-gambar menyiratkan gerak dalam angka tunggal.
Meskipun beberapa
contoh-contoh awal mungkin tampak mirip dengan serial animasi gambar, kurangnya
peralatan untuk menunjukkan kepada mereka dalam gerakan menyebabkan mereka
gagal menjadi animasi yang benar. Proses menggambarkan berlalunya waktu dengan
meletakkan gambar dalam serangkaian kronologis merupakan salah satu langkah yang
paling penting dalam menciptakan animasi sehingga contoh bersejarah praktek ini
pasti terkenal.
Animasi sebelum
Film
Banyak perangkat
yang berhasil ditampilkan gambar animasi diperkenalkan jauh sebelum munculnya
film. Perangkat ini digunakan untuk menghibur, memukau dan kadang-kadang bahkan
menakut-nakuti orang. Sebagian besar perangkat ini tidak memproyeksikan gambar
mereka dan sesuai hanya bisa dilihat oleh satu orang pada satu waktu. Untuk
alasan ini mereka dianggap mainan daripada menjadi skala besar industri hiburan seperti animasi nanti. Berikut beberapa contohnya :
The Magic Latern (c. 1650)
The Magic Latern adalah sebuah awal dari pendahulu proyektor modern.
Ini terdiri dari lukisan minyak tembus, lensa sederhana dan lilin atau lampu
minyak. Dalam sebuah ruangan gelap, gambar akan muncul diproyeksikan ke
permukaan datar yang berdekatan. Itu sering digunakan untuk memproyeksikan
setan, gambar menakutkan untuk meyakinkan orang-orang bahwa mereka menyaksikan
supranatural. Beberapa slide untuk lentera terkandung bagian yang bergerak yang
membuat lentera ajaib contoh awal dikenal animasi diproyeksikan. Asal usul
lentera sihir diperdebatkan, namun pada abad ke-15 Venesia penemu Giovanni Fontana menerbitkan sebuah
ilustrasi dari sebuah perangkat yang memproyeksikan citra setan dalam bukunya
Liber Instrumentorum. Yang paling awal dikenal lentera sihir yang sebenarnya
biasanya dikreditkan ke Christiaan Huygens atau Athanasius Kircher .
Thaumatrope (1824)
Sebuah thaumatrope adalah mainan sederhana yang digunakan dalam era Victoria . Thaumatrope adalah lingkaran disk kecil
atau kartu dengan dua gambar yang berbeda di setiap sisi yang melekat pada
seutas tali atau sepasang string berjalan melalui pusat. Ketika string berputar
cepat di antara jari-jari, dua gambar muncul untuk menggabungkan ke dalam satu
gambar. Thaumatrope ini menunjukkan fenomena Phi, kemampuan otak untuk
terus-menerus melihat gambar. Penemuan Its sering dikreditkan ke Sir John Herschel . John A. Paris dipopulerkan
penemuan ketika ia digunakan seseorang untuk menggambarkan fenomena Phi pada tahun 1824 ke Royal College of Physicians .
Phenakistoscope (1831)
Phenakistoscope adalah
perangkat awal animasi. Ini diciptakan pada tahun 1831 bersamaan dengan Belgia Plateau Yusuf dan Simon Austria von
Stampfer . Ini terdiri dari sebuah disk dengan serangkaian gambar, digambar
di jari-jari merata spasi sekitar pusat disk. Slot dipotong dari disk pada
jari-jari yang sama dengan gambar, namun pada jarak yang berbeda dari pusat.
Perangkat akan ditempatkan di depan cermin dan berputar. Sebagai phenakistoscope yang berputar,
pemirsa akan terlihat melalui slot pada refleksi dari gambar yang hanya akan
menjadi terlihat saat slot melewati mata pemirsa. Hal ini menciptakan ilusi
animasi.
Zoetrope (180 AD; 1834)
Zoetrope diproduksi pada tahun 1834 oleh William
George Horner dan beroperasi pada prinsip yang sama seperti phenakistoscope
tersebut. Itu adalah perangkat berputar silinder dengan beberapa frame animasi
dicetak sepanjang lingkar interior. Ada celah vertikal di sekitar sisi di mana
pengamat dapat melihat gambar bergerak di sisi yang berlawanan ketika berputar
silinder. Seperti berputar materi antara bergerak celah melihat ke arah
berlawanan dari gambar di sisi lain dan dengan berbuat demikian berfungsi
sebagai shutter dasar. Zoetrope memiliki beberapa keunggulan dibandingkan
phenakistoscope tersebut. Ini tidak memerlukan penggunaan cermin untuk melihat
ilusi, dan karena bentuk silinder yang bisa dilihat oleh beberapa orang
sekaligus.
Di Cina sekitar 180
AD penemu produktif [Ting Huan] menciptakan sebuah perangkat yang mirip
dengan zoetrope modern. Itu terbuat dari kertas tembus atau panel mika dan
dioperasikan oleh digantung di lampu sehingga baling-baling di atas akan
memutar ketika mereka datang di kontak dengan arus udara hangat naik dari
lampu. Rotasi ini, jika mencapai kecepatan ideal memicu ilusi yang sama animasi
cepat sebagai zoetrope lebih modern.
Flip Book
(1868)
Flip book pertama di
dunia telah dipatenkan pada tahun 1868 oleh John Barnes Linnett sebagai kineograph
tersebut. Sebuah buku flip hanya sebuah buku dengan halaman sangat kenyal yang
memiliki serial animasi gambar dicetak di dekat tepi terikat. Bends penampil
Sebuah halaman belakang dan kemudian dengan cepat melepaskan mereka satu per
satu sehingga setiap gambar dilihat dari pandangan mata untuk sejenak
mengungkapkan gambar berikutnya sesaat sebelum melakukan hal yang sama. Mereka
beroperasi pada prinsip yang sama seperti phenakistoscope dan zoetrope apa
dengan penggantian cepat gambar dengan orang lain, tetapi mereka menciptakan
ilusi tanpa hal melayani sebagai shutter berkedip-kedip sebagai celah yang ada
dalam perangkat sebelumnya. Mereka melakukannya karena fakta sederhana bahwa
fisiologis mata bisa fokus pada objek lebih mudah dari pada diam yang bergerak.
Buku sandal yang lebih sering dikutip sebagai inspirasi oleh pembuat film
animasi awal dari perangkat dibahas sebelumnya yang tidak mencapai cukup luas
penonton. Dalam perangkat animasi sebelumnya gambar yang diambil dalam
lingkaran yang berarti diameter lingkaran fisik terbatas betapa banyak gambar
cukup bisa ditampilkan. Sementara format buku masih membawa tentang sesuatu
dari batas fisik dengan panjang animasi, batas ini jauh lebih lama dibandingkan
perangkat bulat. Bahkan batas ini bisa dipatahkan dengan penemuan mutoscope pada 1894. Ini terdiri dari buku flip panjang
sirkuler terikat dalam sebuah kotak dengan pegangan engkol untuk membolak-balik
halaman.
Praxinoscpoe (1877)
Praxinoscope
, ditemukan oleh ilmuwan Perancis Charles-Émile Reynaud , dikombinasikan dengan
desain silinder zoetrope dengan cermin tampilan phenakistoscope tersebut.
Cermin yang dipasang masih di tengah ring spinning slot dan gambar sehingga
gambar dapat lebih jelas terlihat tidak peduli apa radius perangkat. Reynaud
juga mengembangkan versi yang lebih besar dari praxinoscope yang dapat
diproyeksikan ke layar, disebut Optique Théâtre .
Animasi Tradisional
The Silent Era
Charles-Émile
Reynaud Optique Théâtre adalah contoh awal dikenal animasi diproyeksikan. Ini
mendahului bahkan perangkat video fotografi seperti Thomas Edison 's 1.883 penemuan, Kinetoscope , dan saudara-saudara Lumière '1.884 penemuan, sinematografi . Reynaud dipamerkan tiga animasi nya
pada tanggal 28 Oktober 1892 di Musée Grévin di Paris, Perancis. Contoh hidup
hanya dari ketiga adalah Pauvre Pierrot yang 500 frame yang panjang.
Setelah
sinematografi yang mempopulerkan film, kemungkinan tak berujung animasi mulai
dieksplorasi secara mendalam jauh lebih besar. Sebuah animasi stop-motion pendek diproduksi pada 1899 oleh Albert E. Smith dan J. Stuart Blackton disebut The Humpty Dumpty
Circus. gerak Berhenti adalah teknik video di mana
benda nyata yang bergerak di sekitar di waktu antara gambar mereka sedang
direkam sehingga ketika gambar yang dilihat sebagai video, mereka tampak bergerak
oleh beberapa terlihat gaya. Ini langsung turun dari berbagai awal film "trik"
teknik yang digunakan video untuk realistis menampilkan mustahil. Sebuah film
lain yang menampilkan teknik stop motion yang dirilis sesudahnya, tetapi yang
pertama untuk menerima penghargaan skala luas adalah Haunted Mansion
Blackton ini yang bingung pemirsa dan mengilhami banyak pengembangan lebih
lanjut dalam animasi.Pada tahun 1906 Blackton juga membuat karya digambar terlebih dulu animasi pada
fase film standar, Humoris Funny Faces of. Ini fitur wajah yang
digambar di papan tulis yang tiba-tiba mulai bergerak mandiri.
Fantasmagorie , oleh sutradara
Perancis Émile Cohl (juga disebut Émile Courtet), juga perlu
diperhatikan. Itu diputar untuk pertama kalinya pada 17 Agustus 1908 di Théâtre
du Gymnase di Paris. Cohl kemudian pergi ke Fort Lee, New Jersey dekat New York City pada
tahun 1912, di mana ia bekerja untuk Eclair studio Perancis dan menyebarkan
teknik animasi ke AS.
Dipengaruhi oleh
Cohl, penulis pertama wayang film animasi (yaitu The Lukanida Indah (1912)),
kelahiran Rusia (etnis Polandia ) Direktur Wladyslaw Starewicz, yang dikenal
sebagai Ladislas Starevich , mulai membuat film-film
berhenti menggunakan mati serangga dengan kawat tungkai. Pada tahun 1911 ia
menciptakan Revenge Cameraman ini
, sebuah kisah kompleks pengkhianatan , bunuh diri dan kekerasan antara serangga yang berbeda. Ini adalah karya
pelopor animasi wayang , dan film animasi tertua
kompleksitas dramatis seperti itu, dengan karakter yang penuh dengan motivasi,
keinginan dan perasaan. Pada tahun 1914, Amerika kartunis Winsor McCay dirilis Gertie the Dinosaur , sebuah
contoh awal dari pengembangan karakter dalam animasi ditarik. Film ini dibuat
untuk tindakan vaudeville McCay dan karena bermain McCay akan berbicara dengan
Gertie yang akan merespon dengan serangkaian gerakan. Ada adegan di akhir film
di mana McCay berjalan di belakang layar proyeksi dan video dirinya muncul di
layar menunjukkan dia mendapatkan pada kartun kembali dan naik keluar dari
frame. Adegan ini membuat Gertie the Dinosaur film pertama untuk
menggabungkan cuplikan live action dengan animasi digambar tangan. Tangan McCay
menarik hampir setiap satu dari 10.000 gambar yang digunakan untuk film.
Juga pada tahun
1914, John Bray dibuka John Bray Studios yang merevolusi cara animasi
diciptakan. Earl Hurd , salah satu karyawan Bray yang mematenkan teknik cel . Ini menjiwai melibatkan
benda bergerak pada lembaran seluloid transparan yang kemudian ditempatkan di
atas gambar latar belakang stasioner dan kemudian difoto untuk menghasilkan
urutan gambar. Ini serta penggunaan inovatif Bray tentang metode jalur
perakitan diperbolehkan John Bray Studios untuk membuat Kolonel Liar Heeza , seri animasi
pertama. Pada tahun 1915 Max dan Dave Fleischer menemukan rotoscoping , proses menggunakan film sebagai titik
referensi untuk animasi dan studio mereka pergi untuk kemudian melepaskan
animasi klasik seperti Ko-Ko The Clown , Betty Boop , Popeye Sailor Man , dan Superman . Pada tahun 1918 McCay merilis The
Sinking dari Lusitania, sebuah film propaganda perang. McCay lakukan
menggunakan beberapa teknik animasi baru seperti cels atas lukisan, tapi karena
dia melakukan semua animasi nya sendiri, proyek ini tidak benar-benar dirilis
sampai hanya tak lama sebelum akhir perang. Pada titik ini studio skala besar animasi yang menjadi norma industri dan artis
seperti McCay memudar dari mata publik.
Yang pertama
animasi film adalah El Apóstol , dibuat pada tahun 1917 oleh Quirino Cristiani dari Argentina . Ia juga menyutradarai dua film animasi lainnya,
termasuk 1931 s Peludopolis , panjang fitur
animasi pertama yang menggunakan suara disinkronisasi. Tak satu pun dari ini,
bagaimanapun, bertahan hidup sampai sekarang.
Pada tahun 1920, Otto Mesmer dari Pat Sullivan Studios
menciptakan Cat Felix the . Pat Sullivan , kepala studio mengambil
semua kredit untuk Felix, sebuah praktek yang sangat umum di hari-hari awal
animasi studio. Felix the Cat yang didistribusikan oleh Paramount Studios dan menarik penonton yang
sangat besar. Felix adalah kartun pertama yang dagangan, dan ia segera menjadi
nama rumah tangga.
Di Jerman , selama tahun 1920-an animasi abstrak diciptakan oleh Walter Ruttman, Hans Richter , dan Oskar Fischinger , bagaimanapun, Nazi sensor terhadap apa yang disebut " degenerate art "mencegah animasi abstrak dari
berkembang setelah tahun 1933.
The film animasi
awal-hidup adalah tahun 1926-siluet animasi Adventures of Pangeran Achmed
yang digunakan warna-tinted Film . Film ini
disutradarai oleh Jerman Lotte Reiniger dan Perancis / Hungaria Berthold Bartosch .
The Golden Age of
Animation
Pada tahun 1923
sebuah studio bernama Laugh-O-Grams bangkrut dan pemiliknya Walt Disney membuka studio baru di Los Angeles. Proyek
pertama Disney adalah Alice Comedies Seri yang menampilkan seorang
gadis live action yang berinteraksi dengan berbagai karakter kartun. Beberapa
animasi pertama film suara dengan suara rekaman disinkronkan dengan animasi adalah Lagu Mobil-Tunes film (1924-1927) dan Waktu Makan malam (1928). Suara awal
Lagu Mobil-Tunes film adalah Oh Mabel (Mei 1924) dan Ibu, Ibu, Pin seorang Ibu Rose
pada-Ku dan Selamat Tinggal
Lady My Love (baik dari Juni 1924). Terobosan pertama terkenal Disney
adalah 1.928 s Steamboat Willie , ketiga dari Mickey Mouse seri, yang merupakan kartun pertama untuk
menyertakan soundtrack penuh pasca-diproduksi, menampilkan efek suara dan suara
dicetak pada film itu sendiri (" suara-on-film ") . Film pendek menunjukkan antropomorfik tikus bernama Mickey mengabaikan karyanya pada steamboat untuk bukan membuat musik menggunakan hewan
naik perahu.
Pada tahun 1930 Warner Brothers Kartun
didirikan. Sementara studio Disney dikenal untuk rilis yang sedang ketat
dikontrol oleh Walt Disney sendiri, Warner bersaudara diperbolehkan kebebasan
animator yang signifikan lebih, yang memungkinkan untuk animator mereka untuk
mengembangkan gaya pribadi lebih dikenali. Yang pertama fitur animasi film suara adalah Peludópolis yang perdana
pada tanggal 16 September 1931. The animasi pertama yang menggunakan, penuh tiga-warna Technicolor metode adalah " Bunga dan Pohon "yang dibuat pada tahun 1932
oleh Disney Studios yang memenangkan Academy Award untuk pekerjaan.
animasi Warna segera menjadi standar industri dan pada tahun 1934 Warner
saudara merilis "Hotel
Honeymoon" dari Melodies Selamat seri, film berwarna pertama
mereka. Pada tahun 1935 Tex Avery merilis film pertamanya dengan Warner Brothers.
Gaya Avery adalah terutama cepat mondar-mandir, kekerasan, dan satir, dengan
sensibilitas slapstick, dan dia memperkenalkan Looney Tunes karakter yang masih sangat populer sampai
hari ini. Sifat mendebarkan produksi Avery menarik khalayak yang lebih luas
daripada Disney yang dipasarkan secara langsung terhadap anak-anak .
Walt Disney Putri Salju dan Tujuh Kurcaci
, dirilis pada tahun 1937, sering dianggap sebagai film animasi pertama tapi
setidaknya delapan yang sebelumnya dirilis. Namun, Snow White adalah yang
pertama untuk menjadi sukses dan terkenal dalam dunia berbahasa Inggris dan
pertama yang menggunakan animasi cel Technicolor. Setelah Putri Salju rilis
Disney mulai fokus banyak kekuatan produktif pada film panjang fitur. Meskipun
Disney memang terus memproduksi celana pendek sepanjang abad, Warner Brothers
terus fokus pada celana pendek.
The buatan
Jepang fitur panjang anime Film adalah propaganda Film Laskar Ilahi Momotaro Sea (桃太郎海の神兵) oleh sutradara
Jepang Mitsuyo Seo . Film, yang ditunjukkan pada tahun 1945,
diperintahkan untuk dilakukan untuk mendukung perang oleh Departemen Angkatan Laut Jepang . Lagu
film AIUEO no Uta (アイウエオ
の 歌) kemudian
digunakan dalam Osamu Tezuka anime seri Kimba the White Lion. Awalnya
diperkirakan telah dihancurkan selama pendudukan Amerika, salinan negatif
selamat dan film sekarang tersedia di Jepang pada VHS.
Era Televisi
Televisi berwarna diperkenalkan ke pasar AS pada
tahun 1951. Pada tahun 1958 Hanna-Barbera merilis Huckleberry Hound , setengah jam pertama
program televisi yang memiliki fitur animasi saja. Terrytoons dirilis Tom Terrific tahun yang sama. Pada tahun 1960 Hanna -
Barbera merilis acara televisi animasi monumental, The Flintstones , yang merupakan serial animasi
pertama di televisi prime time. Televisi menurun secara signifikan perhatian
publik dengan celana pendek animasi yang ditampilkan teater. Warner bersaudara
membenci televisi selama ini dan sesuai, mereka menghindari menempatkan kartun
di televisi mereka sampai pertengahan 1970-an.
Yang pertama
individual digambar tangan fitur animasi adalah The Tune (1992) oleh American animator independen Bill Plympton . Sebelum distribusi terbatas Tune
ini dinominasikan untuk tahun 1992 Sundance Film Festival Grand Jury Prize yang
dramatis dan pada tahun 1993 dinominasikan untuk Independent Spirit Award untuk Best
Original Score oleh Maureen McElheron. Sampai saat ini, hanya animator ini film
meletakkan klaim untuk memiliki individual digambar tangan film panjang, dan
telah pergi untuk menghasilkan empat lebih: Saya Menikah A Orang Aneh
(1997), Aliens Mutant (2001), rambut Tinggi (2004), dan Idiots and Angels (2008).
Teknik Animasi
Pendekatan
terhitung untuk menciptakan animasi telah muncul selama bertahun-tahun. Berikut
adalah penjelasan singkat dari beberapa teknik tradisional non umumnya
dimasukkan.
Stop Motion
Proses ini
digunakan untuk produksi banyak, misalnya, jenis yang paling umum dari boneka
tanah liat wayang, seperti yang digunakan dalam The Kismis California dan Wallace dan Gromit , dan angka-angka yang
terbuat dari karet berbagai kain dan resin plastik, seperti The Nightmare Before Christmas
dan James dan Persik Raksasa .
Kadang-kadang bahkan benda-benda yang digunakan, seperti dengan film Jan Švankmajer .
Animasi stop motion
ini juga biasa digunakan untuk pekerjaan efek khusus dalam banyak live-action
film, seperti versi 1.933 dari King Kong dan The Voyage of Sinbad 7 .
CGI Animation
Computer-generated imagery (CGI)
merevolusi animasi. Film fitur pertama sepenuhnya animasi komputer adalah Pixar 's Toy Story (1995). Proses
animasi CGI masih sangat membosankan dan serupa bahwa akal untuk animasi
tradisional, dan masih banyak menganut prinsip yang sama .
Perbedaan utama
animasi CGI dibandingkan dengan animasi tradisional adalah gambar yang
digantikan oleh pemodelan 3D, hampir seperti versi virtual dari stop-motion,
meskipun bentuk animasi yang menggabungkan dua dunia dapat dianggap animasi
komputer dibantu tetapi pada 2D komputer gambar (yang dapat dianggap dekat
dengan gambar tradisional dan kadang-kadang berbasis di atasnya).
Kebanyakan film
dibuat CGI didasarkan pada karakter hewan, monster, mesin atau kartun-seperti
manusia. Studio animasi sekarang berusaha untuk mengembangkan cara-cara untuk
menciptakan realistis tampak manusia. Film yang telah mencoba ini termasuk Final Fantasy: The Spirits Within
pada tahun 2001, Final Fantasy: Advent Children
pada tahun 2005, The Polar Express pada tahun 2004, Beowulf pada tahun 2007 dan Resident Evil: Degeneration
tahun 2009. Namun, karena kompleksitas dari fungsi tubuh manusia, emosi dan
interaksi, metode animasi jarang digunakan. Karakter yang lebih realistis CG
menjadi, semakin sulit adalah untuk menciptakan nuansa dan rincian dari orang
yang masih hidup, dan semakin besar kemungkinan karakter jatuh ke dalam lembah luar biasa . Penciptaan rambut dan pakaian
yang bergerak meyakinkan dengan karakter manusia animasi adalah bidang lain
dari kesulitan. The Incredibles dan Up keduanya memiliki manusia sebagai
protagonis, sementara film-film seperti Avatar menggabungkan animasi dengan live
action untuk menciptakan makhluk humanoid.
Reference :
en.wikipedia.org/wiki/Animation
id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_Film
E-Book New_Media_Critical_Introduction
E-Book The Language of the New Media
Reference :
en.wikipedia.org/wiki/Animation
id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_Film
E-Book New_Media_Critical_Introduction
E-Book The Language of the New Media
sumber:http://ryandhikapunya.blogspot.com/2012/12/perkembangan-animasi-sebelum-perfilman.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar